96 Perusahaan Tiongkok Bidik Peluang Investasi Energi di Indonesia

96 Perusahaan Tiongkok Bidik Peluang Investasi Energi di Indonesia Home Berita Energi Energi 96 Perusahaan Tiongk...

96 Perusahaan Tiongkok Bidik Peluang Investasi Energi di Indonesia

  • Home
  • Berita
  • Energi

Energi

96 Perusahaan Tiongkok Bidik Peluang Investasi Energi di Indonesia "Presiden menekankan bahwa kami tetap menerima dan welcome tentang investasi asing termasuk Tiongkok dengan prinsip saling menguntungkan," kata Jonan. Migas Senin 13/11/2017, 15.14 WIB Anggita Rezki Amelia CNPC International Teken Kerja Sama Migas dengan Pertamina PLN: Tarif dan Daya Golongan 900 VA Nonsubsidi Tak Berubah Kementerian ESDM Buka Peluang Saka Jadi Operator Blok Sanga-sanga

Pemerintah Indonesia dan Tiongkok terus mempererat hubungan bilateral di sektor Energ i dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Hal tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Administrator National Energy Administration (NEA) Republik Rakyat Tiongkok H.E.Nur Bekri di acara The 5th Indonesia-Cina Energy Forum yang berlangsung hari ini.

Forum tersebut merupakan forum kelima setelah terakhir kali digelar 10 tahun lalu. “Presiden menekankan bahwa kami tetap menerima dan welcome tentang investasi asing termasuk Tiongkok dengan prinsip saling menguntungkan," kata Jonan di Jakarta, Senin (13/11).

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

Dalam agenda tersebut​ sebanyak 96 perusahaan Tiongkok, termasuk SINOPEC, PetroChina, CNOOC, dan Alumunium Corporation of China Ltd. (Chinalco) hadir untuk mengikuti konferensi tersebut. Harapannya dengan forum tersebut, bisa meningkatkan kerja sama di bidang kelistrikan, minyak dan gas bumi (migas), energi baru dan terbarukan (EBT) serta mineral dan batu bara (Minerba).

Selain yang berasal dari Tiongkok, forum tersebut juga dihadiri 40 perusahaan dalam negeri. Salah satunya perusahaan BUMN energi yakni PT Pertamina (Persero).

Ada beberapa sektor yang ditawarkan Jonan kepada perusahaan Tiongkok di Indonesia. Di sektor migas Jonan m endorong CNOOC atau Sinopec dan PetroChina bekerja mengelola beberapa wilayah kerja. "Kami mendukung bahwa perusahaan-perusahaan Tiongkok di bidang hulu migas lebih aktif berinvestasi di Indonesia," kata dia.

Jonan juga mendorong Tiongkok untuk bisa bermitra​ dengan Pertamina membangun kilang di dalam negeri. Salah satunya adalah Kilang Bontang di Kalimantan Timur.

Di sektor kelistrikan, perusahaan Tiongkok diharapkan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mulut tambang di Indonesia dengan harga listrik yang kompetitif. Saat ini beberepa perusahaan Tiongkok ikut berpartisipasi dalam proyek 35 Gigawatt (GW). Selain itu ada juga proyek di luar 35 GW seperti PLTU Banten I, PLTU Banten II, PLTU Banten III, PLTU I Jawa Barat, PLTU II Jawa Barat, PLTU I Jawa Tengah, dan beberapa PLTU besar lainnya di wilayah Indonesia.

Sementara itu, di sektor minerba, Jonan mendorong ekspor batubara dari Indonesia ke Tiongkok. Kemudian investasi membangun pabrik peng olahan dan pemurnian (smelter) di dalam negeri dan pengelolaan mineral logam di Indonesia dengan tetap memperhatikan faktor lingkungan hidup.

Contoh investasi Tiongkok di sektor minerba adalah pembangunan smelter grade alumina di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat antara Alumunium Corporation of China Ltd. (Chinalco) dan PT Aneka Tambang Tbk dan PT Inalum. Smelter yang direncanakan memiliki kapasitas satu juta ton per tahun ini diperkirakan menelan investasi sebesar US$ 1,5-1,8 miliar.

Di sektor EBT, Jonan berharap perusahaan Tiongkok lebih aktif berinvestasi. Sebab setahun terakhir investasi EBT di Indonesia didominasi Perusahaan Eropa, Amerika dan Jepang. Padahal peluang investasi di EBT sangat terbuka dengan adanya target bauran energi sebesar 23% di 2025.

Jonan berharap dalam forum tersebut bisa menghasilkan langkah yang nyata. "Tidak hanya diskusi yang terlalu panjang. Jadi dikerjakan apa yang bisa dilakukan secepat cepatnya," kata dia.< /p>

Di tempat yang sama Nur Bekri mendukung kerjasama tersebut. Apalagi Tiongkok merupakan negara produksi dan konsumsi energi di dunia dan unggul dari segi dana dan kesiapan infrastuktur.

(Baca: Proyek Tiga Provinsi untuk Tiongkok)

Di sisi lain, Indonesia memiliki potensi sumber energi yang besar. "Kami mau kerjasama, asalkan saling menguntungkan," kata Nur.

Artikel Terkait CNPC International Teken Kerja Sama Migas dengan Pertamina Adapun kerja samanya meliputi proyek hulu, bidang jasa migas dan tidak menutup kemungkinan hilir. PLN: Tarif dan Daya Golongan 900 VA Nonsubsidi Tak Berubah Jadi, daya dan tarif listrik untuk golongan 900 VA ini tidak akan ada perubahan dan kenaikkan. Alasannya agar tidak memberatkan masyarakat. Kementerian ESDM Buka Peluang Saka Jadi Operator Blok Sanga-sanga Kementerian ESDM mensyaratkan peningkatan produksi bagi yang ingin menjadi operator Blok Sanga-sanga.

Berita Terpopuler

Nasional Masuk Paradise Papers, Sandi Akui Pernah Punya Saham di NTI Resources Sandiaga mengakui pernah memiliki saham dan menjabat Direktur Keuangan NTI Resources Ltd. pada 1995- ... Nasional Prabowo Disebut di Paradise Papers, Gerindra Tuding Ada Motif Politik Ada perbedaan satu kata antara nama perusahaan yang disebut Paradise Papers dengan perusahaan yang d ... Keuangan Setelah Rokok Elektrik, Tiga Barang Ini Dibidik Kena Cukai Tahun Depan “Kalau dilihat, prioritas mungkin plastik dan minuman berpemanis karena ini yang mudah," kata Dire ... Nasional Jadi Tersangka, Setya Novanto Kembali 'Serang Balik' Pejabat KPK Pejabat dan penyidik KPK dituding melawan putusan praperadilan yang telah mencabut status tersangka ... Internasional Pemimpin AS, Australia Hingga Jepang Puji Indonesia di Forum APEC Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji keberhasilan Indonesia mengentaskan kemiskinan.

Opini

Rini Mariani Soemarno Rini Soemarno

BUMN Harus Mengerjakan Proyek yang Tak Diminati Swasta

Joko Widodo Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Kalau Berpikir Politik, Tidak Perlu Masuk ke Infrastruktur

Jusuf Kalla Jusuf Kalla

Pembangunan Infrastruktur Justru Solusi di Saat Krisis

Oscar Darmawan Oscar Bitcoin

Sebagian Besar Transaksi Bitcoin di Indonesia untuk Spekulasi

Agustinus Prasetyantoko Ekonom A. Prasetyantoko

Dilema Pembangunan Infrastruktur

Baca juga Alibaba Digital Sehari Pesta Diskon, Alibaba Raup Transaksi Rp 342 Triliun GIIAS 2017 Industri Menperin: Tanpa Insentif Fiskal, Mobil Listrik Lebih Mahal 30% Bursa saham Bursa Roller Coaster Saham RIMO di Tangan Benny Tjokro Setya Novanto Nasional Rekaman Johannes Marliem Sebut Setnov Dapat Jatah Rp 60 Miliar Infomark Sektor Migas Tunggu Revisi Undang-Undang Infomark Sektor Migas Tunggu Revisi Undang-Undang Keterbukaan-Data , Indonesia-Masih-Tertinggal Infomark Keterbukaan Data, Indonesia Masih Tertinggal Izin Tak Layak, Penerimaan Negara Terhambat Infomark Izin Tak Layak, Penerimaan Negara Terhambat 3 Upaya Reformasi Tata Kelola Sumber Daya Alam Infomark 3 Upaya Reformasi Tata Kelola Sumber Daya Alam Sumber: Google News | Berita 24 Banten

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,4,Nasional,4,Olahraga,2,
ltr
item
Berita 24 Banten: 96 Perusahaan Tiongkok Bidik Peluang Investasi Energi di Indonesia
96 Perusahaan Tiongkok Bidik Peluang Investasi Energi di Indonesia
https://katadata.co.id/public/media/images/thumb/2017/01/06/2017_01_06-14_08_38_bb933f3cd1d2cf551cbf3698422d2669_960x640_thumb.jpg
Berita 24 Banten
http://www.banten.berita24.com/2017/11/96-perusahaan-tiongkok-bidik-peluang.html
http://www.banten.berita24.com/
http://www.banten.berita24.com/
http://www.banten.berita24.com/2017/11/96-perusahaan-tiongkok-bidik-peluang.html
true
8388070142062842118
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy