Cinta Tanah Air Harus Dimulai dari Anak-anak

Cinta Tanah Air Harus Dimulai dari Anak-anak Selamat datang Tamu | ...

Cinta Tanah Air Harus Dimulai dari Anak-anak

ID Logo Selamat datang Tamu | Selasa, 14 November 2017 BS logo Pencarian Arsip

Cinta Tanah Air Harus Dimulai dari Anak-anak
Selasa, 14 November 2017 | 2:11


  • Empat Syarat Indonesia Sejahtera
  • Hanya Butuh 3 Tahun untuk Bangun PEIT
  • Masyarakat Kampus Diminta Persiapkan Diri untuk Kelahiran IRI
  • Praktikkan IRI demi Ekonomi Berkeadilan Sosial
  • IRI Jadikan Ekonomi Kerakyatan Tuan Rumah di Negeri Sendiri

TANGERANG- Mencintai tanah air bukan pekerjaan yang sulit bagi anak-anak. Cukup anak-anak bersikap anti narkoba, menggunaka n internet yang sehat dan membangun kerukunan di antara sesama teman merupakan bentuk cinta tanah air yang nyata. Namun demikian ketiga bentuk nyata itu tidak bisa dilepaskan dari peran orang tua dalam wujud pengawasan dan arahan. Salah satu caranya adalah anak-anak didorong untuk bergaul dengan rekan sebaya untuk tidak menjadi egois karena internet dan sekaligus peka akan perubahan sikap yang terjadi pada anak-anak.

Selain itu, anak-anak harus mendapat keteladanan dalam menghargai mereka yang berjasa terutama belajar sejarah. Jika generasi baru tidak pernah mendaoat arah untk belajar sejarah, Indonesia kelak akan dipimpin oleh orang-orang yang tidak tahu tentang Indonesia, generasi yang tidak tahu akan pahlawannya.

Demikian kesimpulan yang dapat diambil dari pertemuan kebangsaan yang diikuti putra altar puteri sankristi (PAPS) kelas VI - XI di Gereja Katolik St. Helena Lippp Karawaci, Tangerang, Minggu (12/11/2017).

Hadir dalam acara yang bertajuk "Iman dan Pelayanan di Era Digital" tersebut yaitu Kapolda Banten Brigjen Pol. L. Sigit Prabowo, Direktur Bidang Narkoba Polda Banten Kombes Pol. Y. Hernowo, Pastor Adi Pramono OSC, Anggota DPRD Banten Ananta Wahana dan moderator AM Putut Prabantoro.

"Anak-anak harus bermain bersama temannya dan bukan dengan gadgetnya. Anak-anak harus mengetahui lingkungannya baik keluarga, rumah dan sekolah. Mereka harus belajar hidup serta tumbuh bersama dan menjauhi pergaulan yang tidak sehat. Semakin banyak bergaul, anak-anak bisa memilih dan membedakan mana teman yang baik dan mana yang tidak. Hanya saja kalau hal ini tidak dibiasakan dan asyik dengan sendiri, anak-anak akan berhadapan dengan musuh tak nampak," ujar Kapolda Banten.

Menurut Sigit Prabowo, untuk mencegah pengaruh buruk internet orangtua harus mendampingi anak-anak sehingga oengaruh buruk dari pergaulan dengan internet bisa dicegah. Hal yang sama ju ga terjadi ketika anak sydah kecanduan narkoba, ada beberapa tanda-tanda yang dapat dilihat oleh orangtua sebagai indikator. Malas sekolah, tidur larut malam, tidak mau belajar, tidak fokus, tidak mau makan, gerak gerik mencurigakan, mulai belajar mencuri dll adalah tanda-tanda yg perlu mendapat perhatian dari orang tua.

"Disiplin, rajin belajar, bergembira, bermain dalam keceriaan yang perlu kalian alami. Jangan tidak bergaul dengan teman-teman. Kalian juga harus bisa memilih teman yang baik atau yang tidak baik," ujar Sigit Prabowo.

Untuk membangkitkan cinta tanah air, Sigit Prabowo mengadakan berbagai gimik termasuk tanya jawab tentang Pancasila, pengetahuan umum tentang Indonesia, menyanyikan lagu kebangsaan dan diikuti dengan kemeriahan 150 anak-anak yang hadir.

Ananta Wahana dalam dialognya dengan anak-anak mengatakan, dalam pergaulan sesama teman yang paling utama adalah kerukunan. Dengan kerukunan, hal-hal yang positif atau baik akan muncul. Kerukunan adalah kebutuhan semua orang dan itu dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk yang ujungnya adalah prestasi.

"Jangan berharap dapat mencapai prestasi kalau tidak rukun. Kalau rukun apa saja bisa dilakukan, dicapai dan diraih. Tetapi kerukunan tidak mungkin terwujud kalau saling membedakan warna kulit, suku, ras atau juga agama. Semua sama tidak ada bedanya. Lalu kerukunan juga akan memunculkan sikap positid, saling tolong menolong, saling menghormati, saling mengasihi dan bukan membenci. Hidup kita menjadi berarti kalau diri kita berguna bagi orang lain dan bukan hanya untuk diri kita," ujar Ananta Wahana.

Pastor Adi Pramono OSC menandaskan bahwa adalah kewajiban pemuka agama untuk membangun dan membentuk generasi baru Indonesia yang mencintai tanah airnya, mencintai Pancasila dan Kebinekaannya. Wujud nyata dari itu semua adalah kerukunan, perdamaian, tolong menolong, solidaritas tanpa seka t-sekat. Dengan demikian Indonesia seperti apa yang diinginkan oleh orangtua harus terwujud dalam dunia anak-anak.

"Adalah tidak mungkin membangun Indonesia yang rukun dan damai tetapi orang tua atau pemimpinnya tidak rukun. Atau juga orang tua mengajari atau memberi contoh kepada anak- anak sikap yang bertolak belakang dari sikap yang ditanamkan kepada mereka," ujar Pastor Adi Pramono OSC. (gor)


Google+
Kirim Komentar Anda

Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!


  • TERPOPULER
  • TERKOMENTARI

Tren Perbaikan Keuntungan Elnusa

Jangan Tunggu Pintu Terbuka Sempurna

KKP Dorong Sertifikasi Tanah Pembudidaya Ikan

BRI Akan Miliki 35% Saham Bahana Artha Ventura

Sejumlah Proyek, Pengembang, dan Tokoh Raih IPBA 2017

Terapkan Teknologi Baru, Indonesia Bisa Jadi Negara Maju

Indonesia Kembangkan Pembangkit Arus Listrik

Menaker: BLK Harus Penuhi Kebutuhan Generasi Muda

Rekomendasi Saham Sepekan ke Depan

Cegah Stroke dengan Pengendalian Perilaku Berisiko

Sumber: Google News | Berita 24 Banten

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,4,Nasional,4,Olahraga,2,
ltr
item
Berita 24 Banten: Cinta Tanah Air Harus Dimulai dari Anak-anak
Cinta Tanah Air Harus Dimulai dari Anak-anak
http://id.beritasatu.com/pages/2010/images/logo-id.png
Berita 24 Banten
http://www.banten.berita24.com/2017/11/cinta-tanah-air-harus-dimulai-dari-anak.html
http://www.banten.berita24.com/
http://www.banten.berita24.com/
http://www.banten.berita24.com/2017/11/cinta-tanah-air-harus-dimulai-dari-anak.html
true
8388070142062842118
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy