Tokoh Banten Ingatkan Pemuda untuk Jadi Pahlawan Masa Kini

Tokoh Banten Ingatkan Pemuda untuk Jadi Pahlawan Masa Kini SERANG â€" Saat ini semangat nasionalisme generasi milenial terh...

Tokoh Banten Ingatkan Pemuda untuk Jadi Pahlawan Masa Kini

SERANG â€" Saat ini semangat nasionalisme generasi milenial terhadap jasa para pahlawan sudah mulai luntur. Sebab masyarakat sekarang mudah terbawa arus globalisasi, apa lagi kemajuan tekhnologi sudah sangat cepat. Sehingga para pemuda harus diingatkan lagi untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang kontributif.

Hal itu terungkap pada acara seminar hari pahlawan dengan tema semangat kepahlawanan untuk membangun negeri yang digelar Forum Mahasiswa Cinta Tanah Air (Forwacita) Kabupaten Serang di salah satu rumah makan di Kota Serang, Selasa (14/11/2017).

Hadir sebagai pemateri, Tokoh Masyarakat Banten Nadjmudin Busro mengatakan tantangan pemuda saat ini sudah berbeda dengan para pemuda dulu. Menurutnya tantangan pemuda saat in i ialah setiap pemuda harus menjadi pahlawan bagi dirinya dan lingkungannya.

“Mimimal dalam mengisi kemerdekaan saat ini, pemuda harus mampu berinovasi membangun dan menjaga NKRI agar dapat dibanggakan oleh bangsa sendiri dan juga oleh bangsa lain,” ujarnya.

Menurutnya dalam membangun semangat kepahlawanan, mulai saat ini pemuda harus bangga dan mengenal para pahlawan dulu. Bangsa Indonesia akan besar jika para pemudanya punya rasa nasionalisme yang besar dalam memaknai jasa para pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. “Yang terpenting kita jangan membanggakan bangsa lain, kita harus bangga dengan bangsa sendiri. Kita harus cinta dengan para pahlawan-pahlawan bangsa kita yang telah gugur,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengingatkan agar para pemuda untuk semangat menanamkan jiwa nasionalisme pada pemuda jaman sekarang. Ia berpesan agar pemuda Banten harus lebih mengenal pahlawan daerah seperti Syafrudin Prawiranegara. “Nah di Banten ada pahlawan yang kita lupakan yaitu Syafruddin Prawiranegara. Ia punya peran besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan pemuda saat ini harus mampu menemukan sosok teladan yang baik kelanjutan hidupnya. Mimimal para pemuda saat ini bisa menghargai perjuangan anggota keluarga seperti ke dua orang tua. “Selain bangga dengan pahlawan dulu, kita juga harus menghargai sosok pahlawan di dalam keluarga kita yaitu peran orang tua. Itulah teladan yang terdekat yang bisa dijadikan idola pemuda saat ini,” ujarnya.

Pemateri lain, Sekjen Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gema Saba) Banten Adam Ma’rifat mengatakan untuk menjadi pahlawan saat ini. Para pemuda harus memiliki sikap rela berkorban dan juga sikap lebih berani. “Pemuda saat ini harus lebih berkarakter dan punya nilai manfaat bagi banyak orang. Pemuda saat ini harus lebih kuat dari pemuda jaman dulu,” ujarnya.

Sementara itu ketua pelaksna seminar, M. Asep Rahmatulla h berharap diskusi ini dapat membangkitkan semangat para pemuda untuk membangun negeri terutama para pemuda daerah bisa berkontribusi aktif mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat.

“Maka dari itu, mari kita semua seluruh elemen masyarakat Indonesia membangun negari ini dengan semangat karya nyata yang membangun secara menyeluruh baikdi bidang keilmuan, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. Oleh karena itu, marilah kita sama-sama menjadi pahlawan dengan jiwa dan raga demi tegakan negara Indonesia,” ucapnya. (Dhe/Red)

Terkait

Sumber: Google News | Berita 24 Banten

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,4,Nasional,4,Olahraga,2,
ltr
item
Berita 24 Banten: Tokoh Banten Ingatkan Pemuda untuk Jadi Pahlawan Masa Kini
Tokoh Banten Ingatkan Pemuda untuk Jadi Pahlawan Masa Kini
https://www.bantennews.co.id/wp-content/uploads/2017/11/IMG-20171114-WA0032-640x360.jpg
Berita 24 Banten
http://www.banten.berita24.com/2017/11/tokoh-banten-ingatkan-pemuda-untuk-jadi.html
http://www.banten.berita24.com/
http://www.banten.berita24.com/
http://www.banten.berita24.com/2017/11/tokoh-banten-ingatkan-pemuda-untuk-jadi.html
true
8388070142062842118
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy