www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BI Banten Ajak GenBI Tanam Pohon di Desa Wisata

Posted by On 04.31

BI Banten Ajak GenBI Tanam Pohon di Desa Wisata

SERANG â€" Dalam rangka mendukung upaya pemerintah mengembangkan ekonomi pariwisata dan penghijauan hutan, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten mengajak Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Banten melakukan kegiatan bakti sosial di wilayah desa wisata tepatnya di puncak pilar Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Minggu (24/12/2017).

Sekitar 60 anggota GenBI Banten yang terlibat pada kegiatan bakti sosial dan penanaman pohon yang bertema Bersih Indonesia, lets Do Reforestatoin. Selain diajak untuk melakukan kegiatan bakti sosial, mereka juga merupakan penerima Beasiswa pendidikan dari BI Banten. Bakti Sosial BI Banten tersebut berlangsung selama dua hari pada 23-24 Desember.

Ketua GenBI Banten Deni Legawa mengatakan selama dua hari itu, GenBI yang beranggota 80 orang dari untirta dan UIN banten bersama warga sekitar akan menamam pohon di lokasi rawan longsor di puncak pilar, kemudian pembuatan sanitasi MCK di kampung Bengras dan pembagian tong sampah di sekitar lokasi wisata.

“Intinya kami mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan hidup dan melestarikan pepohonan yang di wilayah perhutanan disini, ” ujarnya saat ditemui di lokasi.

Menurutnya kegiatan ini sejalan dengan program BI Banten dan pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata daerah menjadi lebih baik. Sebab wilayah Desa Cikolelet merupakan salah satu desa wisata alam di Kabupaten Serang.

“Untuk itu kami memilih wilayah Cikolelet untuk dijadikan objek kegiatan sosial ini. Sehingga Desa Cikolelet yang terkenal dengan wisata alam rumah pohon d i Puncak Pilar ini secara infrastruktur dan kebersihan alamnya dapat lebih baik. Jika terlaksana dengan baik, maka daya tarik pengunjung ke wisata ini akan meningkat,” kata Mahasiswa semester VII di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan ini.

Yang terpenting, lanjut Deni, dari kegiatan bakti sosial adalah reboisasi. Sebab di wilayah ini merupakan daerah rawan longsor. “Di sekitar desa wisata ini, kami akan tanami pohon Jambu Kristal, Rambutan dan Mangga,” tambahnya.

Sementara itu Ojat Darojat Kepala Desa Cikolelet mengapresiasi atas kegiatan bakti sosial yang dilakukan GenBi Banten dan BI Banten. Ia mengucapkan terima kasih dan mendukung penuh. Sebab upaya tersebut dapat menambah aktivitas masyarakat jadi lebih baik.

” Kegiatan ini sangat positif dan masyarakat sangat terbantu, sebab di beberapa titik di petak tiga dan empat jadi rawan longsor. Reboisasi ini penting sehingga ke depan aktivitas perekonomian masyarakat petani disini akan lebih baik karena ditunjang dengan wisata yang SDA dan SDM nya sadar dengan lingkungannya,” paparnya.

Menurutnya, selain Puncak Pilar, di Desa Cikolelet ini ada beberapa wisata lain yang perlu pengunjung ketahui, di antaranya air terjun Curug Kembar dan Curug Lawang.

“Kemudian setiap tahunnya ada kesenenian budaya tradisional dan festival budaya tahunan di desa ini, dan kedepanya kami akan paketkan jadi paket wisata di desa ini,” terangnya.

Untuk berkunjung ke lokasi wisata ini, para wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp7000 per motor. Saat ini beberapa wisata yang terdapat di desa ini masih dikelola oleh warga sekitar. Namun Untuk mengantisipa si tarif liar di lokasi wisata ini, ke depan pihaknya akan mengajak masyakakat untuk mengatur tarif yang baku.

“Bertahap, karena ini juga masih dilakukan perbaikan agar desa ini jadi rekomendasi destinasi wisata daerah bagi pengunjung. Harapanya pemda dan masyarakat bisa sama-sama membangun dan memelihara desa ini untuk jadi desa wisata yang lebih baik,” harapnya. (Dhe/Red)

Terkait

Sumber: Google News | Berita 24 Banten

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »