www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

OJK: Perbaikan Ekonomi Indonesia Diprediksi Berlanjut pada 2018

Posted by On 20.47

OJK: Perbaikan Ekonomi Indonesia Diprediksi Berlanjut pada 2018

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Perbaikan ekonomi Indonesia diprediksi akan berlanjut pada 2018. Demikian ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan (JKT) Regional I Jakarta-Banten Bambang Widjanarko.

Kelanjutan ekonomi tersebut didukung pertumbuhan investasi, terutama melalui pembangunan infrastruktur, katanya pada seminar "Peran Otoritas Jasa Keuangan dalam Perekonomian Indonesia", di Kota Tangerang, Banten, Sabtu (16./12/2017).

"Kepercayaan investor luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia juga terpantau tinggi. Hal itu tercermin dari peningkatan rating Indonesia sebagai investment grade country yang sebelumnya pada peringkat 41 menjadi 36 (global competitiveness index) dan tercatat sebagai top improvers berdasarkan survey ease of doing business 2017," katanya.

Seme ntara itu, kinerja intermediasi perbankan dinilainya akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekoomi, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) dan kredit diprediksi pada rentang 10-12 persen.

Namun, pertumbuhan kredit diekspektasikan cenderung berada di kisaran batas bawah rentang proyeksi dengan mempertimbangkan proses konsolidasi individual bank, perbaikan NPL, dan tekanan persaingan dari perkembangan industri peer to peer lending.

Sementara Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir mengatakan, ketahanan pangan energi dan air sebagai kebutuhan dasar manusia merupakan permasalahan mendasar yang perlu dibenahi pada tahun mendatang.

"Strategi perekonomian Indonesia tidak dapat mengandalkan terus komoditas ekstraktif, namun harus lebih bertumpu pada keunggulan daya saing industri yang bernilai lebih tinggi," ujarnya.

Tantangan lain terkait fundamental perekonomian Indonesia adalah terbatasnya daya dukung pembiayaan panjang dari sektor keu angan formal dalam pembangunan nasional.

"Ke depan berbagai tantangan baik dari eksternal maupun domestik perlu diwaspadai agar tidak berdampak negatif pada perekonomian Indonesia" katanya.

Untuk itu, tambahnya, sinergi kebijakan antara Bank Indonesia dan Pemerintah perlu terus diperkuat. Bauran kebijakan ekonomi tersebut diarahkan untuk mengawal stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan serta menjaga momentum pertumbuhan ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan jangka menengah panjang akan dapat dicapai. (FNH/Ant)

Sumber: Google News | Berita 24 Banten

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »