www.AlvinAdam.com

Berita 24 Banten

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kekuatan Bahasa Sangat Penting Bagi Profesi Wartawan

Posted by On 10.39

Kekuatan Bahasa Sangat Penting Bagi Profesi Wartawan

Kekuatan Bahasa Sangat Penting Bagi Profesi Wartawan Jumat, 05/04/2018 - 12:50 oleh websiteadmin Submitted by websiteadmin on Jumat, 05/04/2018 - 12:50

  • Star
  • Star
  • Star
  • Star
  • Star

Bengkulutoday.com - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu Zacky Antoni mengatakan kekuatan bahasa sangat penting bagi profesi wartawan. Untuk itu, ia mengimbau setiap wartawan untuk terus belajar dalam menggunakan kosakata. "Harus terus dilatih dan diasah setiap harinya," kata Zacky Antoni saat menjadi narasumber penyuluhan Bahasa Indonesia bagi insan media massa di Aula LPMP Kota Bengkulu, Kamis (3/5/2018).

Zacky menambahkan, jika seorang wartawan tidak melatih dirinya dalam menggunakan bahasa yang benar, maka kemampuannya akan tumpul. "Pelatihan ini memantapkan penggunaan bahasa yang baik dan benar di media," kata Zacky.

Selain Zacky, Kepala Kantor Bahasa Bengkulu Karyono juga memberikan saran terkait penggunaan bahasa di media. Menurutnya, penyuluhan bahasa sangat penting bagi wartawan untuk membuat berita yang sejuk, terlebih sebentar lagi Kota Bengkulu akan memilih wali kota dan wakilnya.

"Media sebagai barometer penyampaian informasi yang akurat," kata Karyono.

Dengan pelatihan Bahasa Indonesia, Karyono berharap akan dapat menambah wawasan kosakata bagi wartawan. Sebab, penggunaan bahasa di media akan sanga t memperngaruhi pembacanya.

Sering ditemukan media yang menggunakan kata yang tidak efektif dan tidak tepat, akibatnya informasi tidak dimengerti oleh masyarakat, oleh karena itu, media harus menggunakan bahasa sesuai kaidah yang benar.

[Joko Susanto]

Tags Pers MediaSumber: Google News | Berita 24 Bengkulu

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »